Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan haji pada Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian merupakan seluruh nasabah tabungan haji Bank Sumut Syariah KCP Stabat, dengan sampel sebanyak 80 responden yang dipilih secara accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, dengan nilai thitung sebesar 8,711 > ttabel 1,991 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel pelayanan (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah, dengan nilai thitung sebesar 8,278 > ttabel 1,991 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 68,898 > Ftabel 3,120 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Melalui nilai Adjust R Square juga diketahui bahwa variabel promosi dan pelayanan berkontribusi sebesar 63,2% terhadap Keputusan menjadi nasabah, sedangkan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Temuan ini menegaskan bahwa strategi promosi yang tepat dan kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah tabungan haji
Copyrights © 2025