Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian yang Implikasinya pada Kepuasan Konsumen

Yani, Ahmad (Unknown)
Kasmad, Kasmad (Unknown)
Arianto, Nurmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan serta implikasinya pada loyalitas pelanggan di PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Cabang Cimanggis Depok. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena persaingan bisnis pembiayaan yang semakin ketat, sehingga perusahaan dituntut untuk mampu merancang strategi yang tepat dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan path analysis, yaitu untuk melihat pengaruh langsung maupun tidak langsung antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Cimanggis Depok, dengan jumlah sampel sebanyak 383 responden yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran, kualitas pelayanan, dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, baik secara simultan maupun parsial. Selanjutnya, kepuasan pelanggan terbukti berimplikasi signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik strategi pemasaran yang diterapkan, semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan, serta semakin optimal promosi yang dilakukan, maka kepuasan pelanggan akan meningkat dan pada akhirnya berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan. Temuan penelitian ini memberikan implikasi praktis bahwa perusahaan harus berfokus pada integrasi strategi pemasaran, peningkatan kualitas layanan, serta inovasi promosi untuk menciptakan kepuasan sekaligus loyalitas pelanggan yang berkelanjutan. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat pentingnya sinergi antara strategi pemasaran, kualitas pelayanan, dan promosi sebagai determinan utama dalam menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan di sektor pembiayaan.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...