Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 03 (2024): Volume 09 No. 03 September 2024

PENGEEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK SISWA KELAS 5 SDN DOROMUKTI TUBAN

Yazid Albustomi (Unknown)
Agus Wardhono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPAS menggunakan Macromedia Flash 8 materi cahaya dan sifatnya untuk siswa kelas V SDN Doromukti Tuban yang valid, praktis, dan efektif, Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Media divalidasi oleh 3 validator yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa untuk menentukan kevalidan media. Hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat valid dengan presentase 88% . Hasil validasi ahli materi menunjukan kategori sangat valid dengan presentase 88%. Dan, hasil validasi ahli bahasa menunjukkan kategori sangat valid dengan presentase 94%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa multimedia interaktif dinyatakan sangat praktis dengan presentase 94% dari hasil respon guru dan 89,71 dari rata-rata hasil respon siswa. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media termasuk dalam kriteria sangat efektif dengan presentase ketuntasan hasil tes 26 siswa 88,46%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPAS menggunakan Macromedia Flash 8 materi cahaya dan sifatnya untuk siswa kelas V SDN Doromukti Tuban. Data yang di analisis pada penelitian ini adalah data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sains berbasis Macromedia Flash 8 pada materi cahaya dan sifatnya yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran sains.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...