Penggunaan metode konvensional dan pembelajaran berpusat pada guru memengaruhi kemauan dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini sejalan dengan hasil observasi dan tes pada siswa kelas II yang menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model Problem Based Learning berbantu gamifikasi materi perkalian siswa kelas II SDN Bratan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis materi perkalian pada siswa kelas II SDN Bratan. Implikasi penelitian dapat menjadi acuan dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2024