Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 6 No. 4 (2025): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

STRATEGI PROBLEM FOCUSED COPING UNTUK MENGATASI LONELINESS

Emiyani, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Remaja merupakan masa yang rentan mengalami perasaaan loneliness karena kurangnya interaksi, tidak diterima dilingkungannya, serta memiliki hubungan sosial yang rendah, dan tidak memiliki strategi untuk mengatasi masalah. Kondisi loneliness yang mendalam akan meningkatkan resiko stress. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengatasi loneliness dengan menggunakan strategi problem focused coping. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI.1 & XI.2 yang terdiri dari 66 siswa SMA Muhammadiyah Pangkalpinang. Proses pengambilan sampel menggunakan purposive samping yaitu siswa yang mengalami loneliness sebanyak 16 siswa dengan kategori tinggi dan persentase sebesar 24%. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji One Way Anova dipeoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu bahwa strategi problem focused coping efektif untuk mengatasi loneliness. Penerapan strategi problem focused coping menghasilkan siswa dapat menerapkan strategi dengan Teknik planful problem solving, confrontive coping, dan seeking support. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi problem focused coping efektif dalam mengatasi permasalahan loneliness di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang. Keywords : Kesepian; Coping; Problem Focused Coping.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...