Kemampuan membaca dalam bahasa Arab merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh santri, khususnya di lingkungan pesantren. Di balik keberhasilan dalam memahami teks berbahasa Arab, terdapat faktor motivasi belajar yang berperan besar dalam mendorong keaktifan dan kemandirian santri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana motivasi belajar memengaruhi keterampilan membaca santri Ma’had Darul Hikmah Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling berdasarkan tingkat motivasi dan keaktifan mereka dalam pembelajaran membaca bahasa Arab. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan mengelompokkan temuan untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan membaca. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab. Santri dengan motivasi tinggi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap teks berbahasa Arab dibandingkan dengan santri yang kurang termotivasi. Faktor yang memengaruhi motivasi belajar meliputi faktor internal, seperti minat terhadap bahasa Arab, cita-cita akademik, kepercayaan diri, dan kemandirian belajar sangat memengaruhi tingkat motivasi belajar santri. Sedangkan faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang mendukung, metode pengajaran yang interaktif, dukungan dari guru dan teman sebaya, serta peran keluarga.
Copyrights © 2025