ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2022): September

Pedampingan permasalahan bisnis online melalui observasi dan wawancara sebagai edukasi UMKM

Zainurossalamia ZA, Saida (Unknown)
Maulana, Rafif Rakha (Unknown)
Damayanti, Alfinah (Unknown)
Gelen, Esrah (Unknown)
Anindya, Fahira (Unknown)
Irianingsih, Weny (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2022

Abstract

Setiap usaha pasti terdapat kendala yang dapat dilihat dari berbagai perspective. Salah satunya pemasaran, kegagalan dalam pemasaran berdampak bagi pendapatan pelaku bisnis sehingga kurangnya pembeli yang disebabkan ketidak tahuan pasar terhadap produk kita tawarkan, maka akan berisiko mengalami kebangkrutan. Perlu diketahui strategi dalam memasarkan produk yang kita ingin perkenalkan dengan salah satunya yaitu media untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat luas sehingga meningkatkan demand hingga memperluas pangsa pasar. Dengan kegiatan PKM ini, kami melakukan kegiatan bersama salah satu pemilik usaha kecantikan yaitu bisnis Galvanic SPA yang telah memiliki produk-produk kecantikan berbahan kimia yang sangat aman dan memiliki target pasar yang sangat luas. Namun, setelah kami tim PKM melakukan observasi lebih dalam terdapat kendala yang dimiliki oleh bisnis ini seperti pemasaran, target pasar, harga, hingga tujuan dari bisnis. Telah dilakukan wawancara kepada pemilik terkait kendala yang menghambat proses bisnis, sehingga tim PKM bisa menyelesaikan masalah melalui riset yang telah kami lakukan. Maka diperoleh kesimpulan dan saran dengan baik sehingga dapat membantu pemecahan masalah yang dimiliki pada bisnis kecantikan Galvanic SPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimu

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ilmiah di bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, diterbitkan dua kali setahun. Juni dan ...