Journal of Economics Review (JOER)
Vol. 5 No. 1 (2025): December - May

Analisis Strategi Digital Marketing dan Penetapan Harga Berbasis Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Shopee

Ramadani, Rizky (Unknown)
Sutisna, Eka (Unknown)
Darmawan, M. Wawang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi pemasaran digital dan penetapan harga yang mengacu pada etika bisnis Islam terhadap minat pembelian konsumen di platform e-commerce Shopee, baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online berbasis skala Likert untuk 40 responden yang merupakan pengguna aktif Shopee. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa, secara simultan, strategi pemasaran digital dan penetapan harga yang sesuai dengan etika Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian konsumen (nilai signifikansi 0,000 <0,05). Secara parsial, strategi pemasaran digital memiliki pengaruh signifikan (nilai signifikansi 0,009), demikian pula strategi penetapan harga sesuai prinsip syariah, yang menunjukkan pengaruh signifikan (nilai signifikansi 0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam praktik pemasaran digital dan kebijakan penetapan harga memainkan peran penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan minat pembelian di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joer

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics Review (JOER), Is a journal published by the Pascsarjana, Universitas Yapis Papua, which aims to be a medium for exchanging information and disseminating scientific works among academics, alumni, students, practitioners, policy regulators and society in general. This journal, ...