Penelitian yang berjudul "Pengaruh Literasi Digital dan Keterampilan Wirausaha terhadap Kinerja UMKM dengan Pendidikan sebagai Variabel Moderasi (Survei pada Usaha Mikro dan Kecil Bidang Kuliner Kota Surakarta)" ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan keterampilan wirausaha terhadap kinerja UMKM, dengan pendidikan sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak pelaku UMKM, khususnya di sektor kuliner di Kota Surakarta, masih menghadapi berbagai kendala dalam memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya literasi digital dan keterampilan kewirausahaan, yang berdampak pada stagnasi pertumbuhan dan rendahnya daya saing usaha mereka di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 162 pelaku usaha mikro dan kecil di bidang kuliner. Sebelum dilakukan analisis data, peneliti melakukan serangkaian uji instrumen, termasuk uji validitas dan reliabilitas, untuk memastikan bahwa setiap indikator dalam kuesioner layak digunakan dan dapat mengukur konstruk secara konsisten. Selain itu, pengujian asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas juga dilakukan guna memenuhi syarat validitas model regresi. Hasil dari uji tersebut menunjukkan bahwa seluruh instrumen dalam penelitian ini valid dan reliabel, serta semua asumsi klasik terpenuhi, sehingga analisis regresi dapat dilakukan dengan akurat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda serta analisis Moderated Regression Analysis (MRA) untuk melihat efek moderasi dari pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik literasi digital maupun keterampilan wirausaha memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Selain itu, pendidikan terbukti mampu memperkuat hubungan antara literasi digital dengan kinerja usaha, namun tidak memiliki peran dalam memoderasi hubungan antara keterampilan wirausaha dan kinerja UMKM. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kapasitas digital dan kemampuan kewirausahaan pelaku UMKM sebagai strategi utama dalam mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan usaha. Di sisi lain, pendidikan formal berfungsi sebagai katalis dalam pemanfaatan teknologi digital, tetapi tidak serta-merta meningkatkan efektivitas keterampilan wirausaha secara langsung.
Copyrights © 2025