Coffee shop merupakan sebuah usaha yang memberikan fokus pada bidang makanan dan minuman. Usaha ini berfokus pada penyediaaan berbagai macam jenis kopi, cemilan, serta minuman lainnya. Coffee shop sering kali juga menyediakan sebuah tempat yang nyaman untuk para pelanggan bersantai, bekerja, maupun bersosialisi. Coffee shop merupakan salah satu UMKM yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Meningkatnya konsumsi kopi masyarakat tentunya menjadi peluang bagi pelaku ekonomi untuk mengembangkan usaha coffee shop, terbukti dengan bertambahnya jumlah coffee shop dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah fokus dalam membentuk visualisasi sebuah data menjadi teroganisir, serta penelitian ini fokus untuk mengetahui, serta menganalisis pendapatan, pengeluaran, maupun penjualan produk-produk yang pada coffee shop Marble. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dengan pemilik dan karyawan coffeeshop Marble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan basis data yang terintegrasi dapat memberikan sejumlah manfaat.
Copyrights © 2024