Literasi numerik adalah salah satu dari 6 jenis literasi dasar yang harus dikuasai oleh setiap siswa yang mendapatkan pendidikan di Indonesia pada seluruh jenjang. salah satu komponen dari literasi numerik yaitu pemahaman, interpretasi, serta penyajian data maupun peluang. Namun pada umumnya kemampuan literasi numerik pada komponen tersebut masih lemah dikuasai oleh siswa SMP di Indonesia, termasuk di SMPN 19 Ambon yang menjadi salah satu sekolah di Kota Ambon yang cukup fokus pada isu literasi numerik. Salah satu upaya untuk membantu siswa memahami konsep peluang adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga agar siswa tidak hanya menerima materi dari guru, namun siswa dilibatkan untuk ikut menemukan konsep peluang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berbasis eksperimen sederhana dalam mengenalkan beberapa konsep peluang, dengan alat peraga berbasis media kertas,. Secara umum kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari siswa maupun guru di SMPN 19 Ambon. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep peluang, serta sebagai contoh bagi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis eksperimen sederhana sebagai bahan pembelajaran terkait konsep peluang.
Copyrights © 2024