Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan Program Pelayanan Adminduk JMonalisa sebagai inisiatif E-Government di Kabupaten Jember. J-Monalisa, singkatan dariJember Mobil Pelayanan Keliling Sadar Adminduk, merupakan usaha pemerintah daerahuntuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan.Penelitian ini mengidentifikasi dan mengevaluasi dimensi kebijakan, kelembagaan,kepemimpinan, dan aplikasi yang berkontribusi terhadap efektivitas layanan ini. Melaluimetode analisis data model Miles dan Huberman, data dikumpulkan melalui wawancaradan pengamatan langsung terhadap implementasi program. J-Monalisa tidak hanyamenawarkan kemudahan akses tetapi juga memperkuat transparansi dan akuntabilitasdalam pelayanan publik. Berdasarkan Temuan Analisis Data menunjukkan bahwaRegulasi, Infrastruktur TIK, Partisipasi Publik dan Trasnparansi, Struktur Organisasi,Dukungan dan Kolaborasi, Alokasi Anggaran, Tantangan Infrastruktur dan SDM, Inovasidan Transformasi Digital, Proses Pelaksanaan e-KTP, Peran Sistem Informasi AdministrasiKependudukan (SIAK) dan J-SIP, mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik danmempercepat proses administrasi kependudukan dengan melibatkan partisipasi aktifmasyarakat.
Copyrights © 2025