Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi proses evaluasi pelayanankesehatan dalam pelayanan publik di Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember. SertaMengidentifikasi masalah atau kendala yang dihadapi oleh Rumah Sakit Daerah Kalisat Jember dalammemberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakanpendekatan kualitatif, Sumber Data diperoleh berasal Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember.Pengumpulan Data melalui Wawancara, Observasi, serta Dokumentasi. Berdasarkan analisis datamenunjukkan bahwa Tangibles terdapat fasilitas fisik rumah sakit atau klinik, penampilan danprofesionalisme staf, alat dan teknologi kesehatan, kejelasan komunikasi dan Informasi. Reliability terdapatketepatan diagnosis dan pengobatan, konsistensi layanan, pemenuhan janji. Responsiveness terdapatkecepatan respons, kemampuan mendengarkan dan berkomunikasi, serta penanganan keluhan. Assuranceterdapat Kompetensi Tenaga Kesehatan, Rasa Aman dan Kepercayaan. Empathy terdapat perhatianpersonal, memahami kebutuhan emosional pasien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitassarana dan prasarana masih dinilai kurang memadai, terutama akibat keterbatasan anggaran untukpemeliharaan fasilitas. Selain itu, kecepatan waktu pelayanan masih dirasakan lambat, khususnya bagipasien rawat jalan. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan mengalamipeningkatan terbukti dengan adanya jumlah peningkatan pasien tiap tahunnya.
Copyrights © 2025