Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique

Strategi Konten Media Sosial X @BlibliCare dalam Membangun Customer Engagement

Nursaidah, Amira (Unknown)
Santoso, Hudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan internet telah mengubah cara manusia maupun perusahaan dalam berkomunikasi. Media sosial menjadi salah satu platform strategis dalam membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Akun layanan pelanggan @BlibliCare di media sosial X selain berfungsi sebagai media komunikasi, juga dimanfaatkan untuk mengunggah berbagai konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten media sosial X @BlibliCare serta tingkatan customer engagement yang terbentuk berdasarkan konsep Four Pillars Social Media Content Strategy dan Four Stages of Customer Engagement. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif dengan unit analisis berupa 112 unggahan akun @BlibliCare selama periode Oktober hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten berbentuk foto/gambar dengan jenis konten hiburan paling banyak digunakan. Seluruh konten yang diunggah berhasil mendorong keterlibatan pelanggan hingga ke tahap creation, yang menunjukkan strategi konten @BlibliCare efektif dalam mendorong partisipasi aktif pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi konten yang bersifat menghibur cenderung lebih efektif dalam menarik perhatian dan mendorong partisipasi pengguna media sosial. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pemilihan jenis konten berperan penting dalam membangun customer engagement di media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKQ

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communique ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini ...