Journal of Early Childhood and Character Education
Vol. 5 No. 2 (2025)

Implementasi Penggunaan Media Balok untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten

Silvia, Ana (Unknown)
Rusdiyani, Isti (Unknown)
Fatimah, Atin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Permainan balok dapat digunakan untuk anak usia 4-5 tahun mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan kognitif dalam konsep matematika dan geometri dalam pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini tertuju pada anak usia 4-5 tahun Tk A di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten. Permainan balok sangat membantu menstimulasi perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten, anak 4-5 tahun dapat mengenal bentuk geometri, anak 4-5 tahun juga dapat mengingat, memahami, menerapkan, mengenalisis, mengevaluasi dan mencipta atau mengembangkan kegiatan bermain balok tersebut, anak 4-5 tahun dapat melakukan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan melakukan inovasi baru pada saat bermain dengan media balok, dengan kegiatan bermain balok perkembangan kognitif anak 4-5 tahun dapat terstimulasi dengan baik dengan merancang bangunan balok sesuai dengan hasil kreativitasnya sendiri, selain itu, setiap tema yang guru berikan pada setiap pembelajaran media balok, dapat menambah wawasan baru anak 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang Banten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecce

Publisher

Subject

Religion Arts Neuroscience Social Sciences Other

Description

Focus. The focus is to provide readers with a better understanding of Early Childhood and Character Education through the publication of articles. Scope. This journal publishes a research article and discourses around the subject of early childhood and character education. The subject cover law, ...