Lintang Aksara
Vol. 1 No. 1 (2022): Lintang Aksara

PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII A SMP N 30 MUARO JAMBI TAHUN 2022

putra, ricko fernanda (Unknown)
Suryani, Irma (Unknown)
Larlen, Larlen (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh minat baca terhadap kemampuan membaca teks fabel pada siswa Kelas VII A SMP N 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 30 Muaro Jambi dengan jumlah populasi 76 siswa dan Sampel adalah seluruh siswa kelas VII A yaitu berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh minat baca sebesar 24,6%terhadap kemampuan membaca teks fabel pada siswa kelas VII A SMP N 30 Muaro Jambi. Diperoleh persamaan regresi linier sederhana antara minat baca terhadap kemampuan membaca teks fabel yaitu: Y = 0,908 + 0,069 X. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, nilai t tabel sebesar 2,093 dan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,492. Maka t hitung 2,492 > t tabel 2,093 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,246 nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh minat baca (X) terhadap kemampuan membaca teks fabel (Y) adalah sebesar 24,6% sedangkan 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Minat Baca, Kemampuan Membaca, Teks Fabel

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jla

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

language and literature learning, language and literature learning curriculum, language and literature learning evaluation, Indonesian language research, Indonesian literature research, linguistics, applied linguistics, pragmatics, Indonesian as a Foreign Language (BIPA), ...