Abstrak Penerapan bantuan media podcast dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII A di SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. Fokus dari penelitian ini ialah bagaimana media podcast diterapkan dalam kegiatan pembelajaran teks berita. Dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil temuan data primer diperoleh berdasarkan hasil menulis teks berita oleh siswa, dengan didukung data sekunder berupa 1) penyebaran angket/kuesioner kepada siswa; dan 2) wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data meliputi 1) observasi; 2) wawancara; dan 3) dokumentasi. Data temuan dianalisis melalui tahapan 1) pengumpulan data; 2) reduksi; dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media podcast berkontribusi positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks berita, berdasarkan sebaran angket sebanyak 92% siswa menyatakan sangat setuju bahwa media podcast tersebut membantu mereka dalam memahami materi pembelajaran dalam menulis teks berita dengan hasil menulis teks berita jumlah rata-rata nilai keseluruhan di kelas VIII A SMP Nasional Sariputra Kota Jambi yaitu 95,1 atau kategori sangat baik. Dapat disimpulkan dengan penerapan media podcast sebagai media pembelajaran dalam menulis teks berita siswa dapat menciptakan suasana belajar yang aktif serta tidak monoton, dan pembelajaran juga dapat berjalan dengan efektif serta kondusif. Abstract This study discusses the implementation of podcast media as a learning aid in teaching news text writing to Grade VIII A students at SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. The focus of the research is on how podcast media is applied in the learning activities of news text writing. This study employs a qualitative approach with a case study design. Primary data were obtained from students’ written news texts, supported by secondary data in the form of: (1) student questionnaires; and (2) interviews with the Indonesian language teacher. Data collection techniques included: (1) observation; (2) interviews; and (3) documentation. The data were analyzed through the stages of: (1) data collection; (2) data reduction; and (3) drawing conclusions. The research findings indicate that the use of podcast media positively contributes to students’ ability to write news texts. Based on the questionnaire results, 92% of students strongly agreed that the use of podcasts helped them understand the learning material. The average score of students’ news text writing in class VIII A was 95.1, which falls into the “excellent” category. It can be concluded that the use of podcast media in teaching news text writing creates an active and engaging learning atmosphere, leading to an effective and conducive learning process.
Copyrights © 2025