JURNAL ECONOMINA
Vol. 3 No. 11 (2024): JURNAL ECONOMINA, November 2024

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Digital Literacy Terhadap Minat Usaha Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Muhammad Djaka Darmawan Ardi Nugraha (Unknown)
Wina Driyan Pradana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Upaya menekan pengangguran di Indonesia dapat dilakukan melalui penanaman sikap kewirausahaan pada mahasiswa sebagai alternatif karir selain menjadi pegawai negeri maupun karyawan swasta. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan literasi digital terhadap self-efficacy, pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha, serta peran mediasi self-efficacy dalam hubungan keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 108 responden menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap self-efficacy, sedangkan literasi digital berpengaruh negatif dan signifikan. Selain itu, self-efficacy terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, sekaligus mampu memediasi hubungan pendidikan kewirausahaan dan literasi digital terhadap minat berwirausaha. Dengan demikian, penerapan pendidikan kewirausahaan dan literasi digital, baik formal maupun non-formal, penting untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha serta membekali mereka menghadapi persaingan dunia kerja yang kompetitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...