Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer
Vol 5, No 1 (2022): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN RUMAH ADAT DAN BENDA BERSEJARAH ACEH

Ramadhona, Ramadhona (Unknown)
Mursyidah, Mursyidah (Unknown)
Indrawati, Indrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Rumah adat merupakan salah satu kebudayaan yang paling tinggi nilai seninya. Kurangnya pengetahuan tentang rumah adat serta peralatan tradisional Aceh dikalangan masyarakat umum, menjadikan nilai budaya Aceh semakin berkurang. Upaya untuk meningkatkan minat masyarakat untuk melestarikan budaya terus dilakukan. Salah satunya dengan menjadikan teknologi Augmented Reality sebagai media untuk memvisualisasikan rumah adat dan benda-benda tradisional aceh dalam bentuk animasi 3D. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah marker base tracking . Perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini yaitu Vuforia, blender 3D dan unity. Pada aplikasi ini user dapat melihat 1 animasi rumah adat Aceh dan 9 objek 3D benda tradisional Aceh. Dapat disimpulkan teknologi augmented reality memang dapat diterapkan pada perangkat Android, dengan hasil pengujian jarak terbaik kamera membaca marker yaitu 20 cm s/d 60 cm dengan sudut terbaik yaitu 0o s/d 40o .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TRIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer (JTRIK) merupakan media publikasi hasil penelitian yang diterbitkan oleh Politeknik Negeri Lhokseumawe. JTRIK dipublikasikan setiap 2 bulan yaitu maret dan september baik secara print dan online. Scope jurnal ini meliputi bidang ilmu komputer, ...