Kesehatan menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting saat ini, mengingat meningkatnya jumlah penyakit, pencemaran lingkungan dan perubahan cuaca yang ekstrim. Apotek merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan bidang farmasi yang berperan menyediakan obat-obatan kepada masyarakat. Persaingan bisnis apotek dalam industri farmasi di era globalisasi semakin ketat, sehingga perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi pemasaran demi mencapai kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap kepuasan pelanggan (studi pada Apotek Sehat Farma Sungai Lulut). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Apotek Sehat Farma Sungai Lulut. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling dengan metode Slovin sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 95 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kelengkapan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Apotek Sehat Farma Sungai Lulut). Terkait kualitas pelayanan, disarankan untuk memperhatikan penampilan dan fasilitas apotek seperti menyediakan layanan pembayaran non tunai. Terkait kelengkapan produk, disarankan untuk menambah variasi jenis produk yang dijual dan memastikan stok produk selalu tersedia di Apotek Sehat Farma
Copyrights © 2024