Kecerdasan emosional memiliki peranan penting dalam pendidikan masa kini, dan pendidik berfungsi sebagai teladan, pendorong dan penilai dalam mendukung siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosional mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan kecerdasaan emosional siswa seta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualiatif studi kasus yang mewawancarai beberapa guru di SDN 35 Nungga Kota Bima yang dipilih secara Purposive sampling serta menganalisis data dengan cara Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, mereduksi sampai menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian di dapatkan Elemen yang mendukung perkembangan kecerdasan emosional siswa meliputi faktor fisik, psikologis dan lingkungan. Lingkungan yang kondusif dapat membantu siswa merasakan keamanan dan penerimaan sosial, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola emosi dan berinteraksi pada orang lain. Guru berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa tetapi ada faktor penghalang seperti variasi status sosial dan keberagaman budaya. Diperlukan pemahaman yang lebih lengkap dan usaha yang berfokus untuk memperkuat posisi guru dalam konteks ini. Pemahaman tentang soiknifikansi peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dapat memberikan dampak postif dalam pembentukan generasi yang lebih seimbang dalam emosional.
Copyrights © 2025