QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies
Vol. 4 No. 2 (2025): QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies

MEDIA BOARD GAME PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM BENUA EROPA DAN BENUA ASIA PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 JEPON

kudhori, Naily Faizatul Aulia (Unknown)
Nurkayati, Siti (Unknown)
Syaifulloh, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam di sekolah menengah sering masih didominasi metode ceramah, sehingga membuat siswa kurang aktif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Inovasi media pembelajaran diperlukan agar siswa lebih tertarik, interaktif, serta mampu memahami materi secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media board game Perkembangan Peradaban Islam di Dunia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Peradaban Islam di SMK Negeri 1 Jepon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) tipe pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri atas 60 siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen menggunakan media board game dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen berupa tes pilihan ganda berjumlah 50 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji-t independen dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 80,20, sedangkan kelas kontrol hanya 73,87, dengan selisih 10,33 poin. Penerapan board game terbukti membuat siswa lebih antusias, aktif berdiskusi, serta lebih mudah memahami materi perkembangan Islam di Asia dan Eropa. Dapat disimpulkan bahwa media board game berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain meningkatkan aspek kognitif, penerapan media ini juga berdampak pada keterampilan sosial, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, board game dapat dijadikan alternatif media pembelajaran inovatif yang relevan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qanun

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies (E-ISSN 2964-4690) is a high-quality, open-access peer-reviewed international journal published two times a year (March, September) by Asian Publisher. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies focusing on historical, comparative, and legal and societal ...