Banyak permasalahan di kehidupan nyata dapat dibentuk kedalam model matematika sehingga dapat dianalisis secara matematik. Salah satunya adalah kasus kecanduan game online yang sedang marak saat ini. Model matematika pada kasus kecanduan game online telah dikembangkan dan dikemas dalam model SEIRS yang berbentuk sistem persamaan diferensial biasa non linier orde satu. Model tersebut sangat kompleks sehingga memerlukan metode numerik untuk menyelesaikannya. Salah satu metode numerik yang efektif adalah metode Runge-Kutta, lebih tepatnya digunakan metode Runge-Kutta orde 14. Penelitian ini akan merumuskan formulasi metode Runge-Kutta orde empat belas dan membuat format pemrograman MATLAB kemudian menganalisis efektifitas metode tersebut dalam menyelesaikan model matematika SEIRS pada kasus kecanduan game online . Efektifitas suatu metode bergantung pada error yang dihasilkan dari eksekusi MATLAB ketika hasilnya semakin kecil (mendekati nol). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Runge-Kutta orde empat belas efektif dalam menyelesaikan model SEIRS pada kasus kecanduan game online .
Copyrights © 2021