Fokus penelitian ini adalah strategi humas dan protokol Pemerintah Kabupaten Jombang dalam meningkatkan pelayanan publik melalui program Bulaga (Bupati melayani warga). Peningkatan pelayanan publik ini mengalami perubahan selama program Bulaga dilaksanakan pada tahun 2019 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah Ikm (Indeks Kepuasan Masyarakat). Ikm pada tahun 2017 itu masih masih dibawah angka 80%, artinya itu kurang baik dibawah angka 80%. Tetapi dengan adanya program bulaga ini ditahun 2019 kita bisa meningkatkan 83,16% naik 1,03 point dibandingkan tahun 2018. Tahun 2017 masih dibawah angka 80%, tahun 2018 ± 81%, dan tahun 2019 naik 83,16%. Dibuktikan melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) bahwa respons masyarakat baik dan percaya bahwa benar – benar serius dalam pelayanan. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Melalui strategi humas pemerintah, dan teori sistem dan fungsi boundary spanning.Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara mendalam kepada pegawai humas dan protokol Pemerintah Kabupaten Jombang, serta data – data sekunder yang relevan. Humas dan protokol Pemkab Jombang menjadikan program Bulaga sebagai meningkatkan pelayanan publik, dimana program itu dikemas sedemikian rupa dengan strategi perencanaan melalui pengenalan situasi, tujuan, pemilihan khalayak atau sasaran, pemilihan media sebagai penyebaran informasi, anggaran yang dikeluarkan untuk melaksanakan program, dan evaluasi dari program bulaga dan pelayanan publik untuk lebih efektif sehingga masalah – masalah pelayanan publik yang ada di Pemkab Jombang bisa teratasi.
Copyrights © 2021