JAPEPAM, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2022): JAPEPAM

Peningkatan Kompetensi Siswa dan Guru SMK dengan Pelatihan Aplikasi ABSS

Mustika, Rasyidah (Unknown)
Afni, Zalida (Unknown)
Rosita, Irda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi terhadap lulusan SMK agar mampu menggunakan aplikasi komputer dalam setiap bidang ilmu, salah satunya akuntansi. Hal ini terkait dengan Ujian Kompetensi yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah dan menjadi syarat bagi siswa SMK. Setiap lulusan SMK program studi akuntansi, harus mampu mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi, yaitu ABSS Accounting. SMKN 2 Pariaman, memiliki keterbatasan Sumber Daya dalam pengajaran aplikasi komputer akuntansi, khususnya aplikasi ABSS dalam penyusunan dalam keuangan perusahaan manufaktur, selain itu kondisi pandemi yang selama ini terjadi, membuat pembelajaran dilaksanakan secara online, berdampak kepada siswa yang tidak paham dengan penggunaan aplikasi komputer akuntansi (ABSS) ini, karena tidak bisa praktik secara langsung. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur (job order costing) dengan aplikasi ABSS dilakukan untuk siswa dan Guru SMKN 2 Pariaman. Kegiatan meliputi penyusunan modul ajar penggunaan Aplikasi ABSS untuk perusahaan manufaktur bagi guru program studi akuntansi agar bisa digunakan dalam proses belajar mengajar ke depannya. Kegiatan pelatihan sudah terlaksana dengan baik. Pelatihan ini diikuti oleh 26 orang siswa dan 4 orang guru jurusan Akuntansi SMKN 2 Pariaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japepam

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat dalam JAPEPAM adalah berbasis penelitian terapan dan action research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, dan Peningkatan ketrampilan ...