Rekam medis merupakan bukti tertulis tentang proses pelayanan yang yang berisi data klinis pasien selama proses diagnosis dan pengobatan. Pengelolaan rekam medis di rumah sakit untuk menunjang tercapainya tertib administrasi untuk mencapai tujuan rumah sakit. Terdapat permasalahan pada pengembalian dan distribusi berkas rekam medis di ruang pendaftaran rawat jalan oleh petugas dari ruang rekam medis ke ruang poli yang dituju di Rumah Sakit Jiwa Pemerintah Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kinerja petugas rekam medis dalam sistem pelayanan rawat jalan, kinerja petugas rekam medis terkait pengumpulan, pengeloaan dan sistem penyimpanan berkas rekam medis rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Pemerintah Aceh Tahun 2024. Jenis penelitian ini deskriftif kualitatif dengan jumlah populasi 7 orang petugas dan sampel berjumlah 7 orang petugas rekam medis. Teknik pengambilan sampel yaitu Teknik Total Sampling. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, menggunakan instrumen pedoman wawancara, perekam suara, dan alat tulis. Hasil penelitian menujukkan bahwa Kinerja Petugas Rekam Medis Terkait Pengelolaan Berkas Rekam Medis, dikategorikan Sesuai, Pengumpulan Data Berkas Rekam Medis dikategorikan Sesuai, dan Penyimpanan Berkas Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Jiwa Pemerintah Aceh Tahun 2024 dikategorikan Tidak Sesuai. Disarankan untuk lebih meningkatkan keamanan berkas rekam medis ada baiknya sistem keamanan di ruang pendaftaran rawat jalan lebih ditingkatkan lagi dan terjamin kerahasiaan datanya, agar kinerja petugas rekam medis pendaftaran rawat jalan semakin baik maka ada baiknya kerja sama antar petugas juga harus ditingkatkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024