ABSTRAKPenanggulangan penyakit menular dan penyakit tidak menular menular antara lain dilakukan melalui upaya promosi kesehatan. Penyampaian pesan kesehatan prioritas melalui penayangan spot radio menjadi salah satu alternatif media promosi kesehatan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat di saat pandemi Covid19.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penyampaian pesan kesehatan prioritas melalui media spot radio (studi dilakukan pada 4 stasiun radio di Kota Semarang). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah apakah terdapat perbedaan pengetahuan pendengar radio yang signifikan terkait pesan kesehatan prioritas sebelum dan sesudah penayangan spot radio. Penelitian dilaksanakan bulan Mei-Juni 2021.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan menggunakan metode pre eksperimental design. Populasi penelitian adalah para pendengar di empat stasiun radio di Kota Semarang, yaitu Radio Gajahmada 102.4 FM, Radio POP 103.6 FM, Radio Idola 92.6 FM, dan Radio Sonora 98.9 FM. Adapun Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Sampel penelitian ini adalah pendengar keempat stasiun radio yang telah mengisi kuesioner pada link tautan yang telah diinformasikan oleh penyiar radio.Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis univariat dilakukan pada beberapa variabel antara lain variabel usia, pendidikan dan pengetahuan responden terkait pesan kesehatan prioritas sebelum dan sesudah penayangan spot radio. Sedangkan analisis bivariat dilakukan dengan menggunakan uji statistic Wilcoxon dengan taraf kepercayaan 95%, tujuannya untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan pengetahuan pendengar radio yang signifikan sebelum dan sesudah penayangan spot radio.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1395 total responden, sebagian besar adalah wanita 724 orang(51,9%), sebagian besar berpendidikan SLTA dan S1 1057 orang (76,5%) dan sebagian besar berusia 21 tahun sebanyak 92 orang(6,6%). Hasil uji statistic Wilcoxon diketahui p value <0,05 yang berarti terdapat perbedaan pengetahuan pendengar radio yang signifikan sebelum dan sesudah penayangan spot radio.
Copyrights © 2024