Penelitian ini menjelaskan strategi guru dalam pembentukan kedisiplinan pelajar di SMA negeri 1 Tamiang Hulu. Tujuan penelitian sebagai informasi dan edukasi kepada pembaca bahwa pendidikan formal jenjang menengah atas yaitu SMA memiliki kemampuan untuk membentuk karakter menjadi seorang pelajar yang disiplin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya memaparkan fenomena-fenomena sosial yang sedang berkembang pada massa sekarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukannya adalah observasi dan wawancara tidak terstruktur lalu kemudian data dianalisis secara objektif dan dideskripsikan secara ilmiah dengan mengikuti prosedur penulisan karya tulis ilmiah. Hasil penelitian ditemukan yaitu sebagai berikut: Pertama, guru selalu memberikan contoh teladan kedisplinan kepada pelajar agar menjadi panutan kepada pelajar. Kedua, guru dalam berbagai kesempatan selalu mengedukasi kepada pelajar untuk selalu mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah. Ketiga, guru selalu melakukan pengawasan internal terhadap karakter pelajar dan kedisplinan pelajar, jika masih terdapat pelajar yang belum disiplin maka guru yang bersangkutan memberikan sanksi serta melakukan identifikasi dini terkait pemicu, kenapa pelajar menjadi tidak disiplin. Keempat, membentuk kedisiplinan pelajar dilakukan dengan cara-cara humanis dan persuasif. Kelima, kepala SMA Negeri 1 Tamiang Hulu melakukan evaluasi secara berkala kepada semua warga sekolah untuk bertujuan memperbaiki hal-hal yang harus diperbaiki agar lebih baik lagi dihari berikutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023