Abstrak: Pembelajaran menggunakan teknologi, media atau platform digital kerap menghadapi beragam permasalahan. Permasalahannya menyangkut proses komunikasi yang menyertainya. Penelitian ini bertujuan mengungkap berbagai permasalahan pada proses komunikasi pembelajaran berbasis digital beserta implementasi solusinya. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik pengambilan data melalui studi literatur. Hasil penelitian mengungkapkan; permasalahan pada proses komunikasi pembelajaran berbasis digital berkenaan dengan berbagai unsur komunikasi yang menyertainya terutama; komunikator (tenaga pendidik), pesan (materi pembelajaran), media (teknologi/platform digital yang digunakan), komunikan (peserta didik), dan atau efek (sesuatu yang terjadi pada peserta didik). Temuan penelitian juga menyebutkan bahwa orang tua peserta didik juga kerap menjadi “unsur” yang mewarnai permasalahan dalam proses pembelajaran terutama ketika dilakukan di rumah para peserta didik. Secara umum upaya mengatasinya diawali dengan mengidentifikasi masalah pada setiap unsur komunikasi tersebut, dilanjutkan dengan perencanaan solusi, implementasi, hingga evaluasi. Hasil penelitian ini merekomendasikan strategi komunikasi pembelajaran berbasis digital yang dianggap efektif. Strategi komunikasi pembelajaran ini merupakan rancangan yang diformulasikan mengacu/menekankan pada kriteria atau kualifikasi tertentu pada unsur-unsur dalam proses komunikasi pembelajaran. Strategi ini secara umum potensial diterapkan oleh pihak penyelenggara pendidikan yang didukung penuh para tenaga pendidiknya. Implementasi strategi bersifat fleksibel tetapi prinsip dasarnya relevan diterapkan; bahwa setiap unsur komunikasi pembelajaran harus memenuhi kriteria tertentu. Fleksibilitas implementasi terjadi karena kesiapan sumber daya, khususnya sumber daya finansial dan sumber daya manusianya. Kata Kunci: Komunikasi pembelajaran; Permasalahan pembelajaran secara digital; Strategi komunikasi pembelajaran; Unsur-unsur komunikasi
Copyrights © 2025