Di era modern ini, digital marketing memainkan peran penting dalam dunia bisnis khususnya pelaku usaha seperti UMKM. Keberadaan UMKM diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Salah satu media digital marketing yang dapat digunakan yaitu e-commerce. E-commerce telah menjadi salah satu alat yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan penjualan, dan mengoptimalkan operasi bisnis. Pentingnya strategi pemasaran digital bagi UMKM di Desa Cerme Lor terkait dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin terbiasa dengan belanja online. Akan tetapi, pelaku usaha di Desa Cerme Lor belum memiliki pengetahuan tentang strategi yang baik. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan di Desa Cerme Lor yang beralamatkan di Jalan Pasar Cerme Lor No 45, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik yang dihadiri oleh 20 orang pelaku UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu pemaparan materi dengan ceramah, tanya jawab, pelatihan pembuatan logo salah satu UMKM di Desa Cerme Lor, dan evaluasi yang dilihat dari nilai pra dan post test. Dari hasil kegiatan ini didapatkan peningkatan pemahaman tentang strategi digital marketing melalui e-commerce yang dapat dilihat dari nilai rata-rata post test mencapai 85% dari sebelumnya yang hanya mencapai 47,5%. Pemberian logo untuk UMKM Jamu Mbah Rahayu yang telah berdiri sejakn tahun 1950 untuk lebih memperkenalkan produk dan memperluas pasar.
Copyrights © 2025