Strategi promosi merupakan bagian dari kegiatan pemasaran dalam memasarkan suatu produk, kegiatan ini biasa dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mengembangkan jenis usahanya. Salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang paling sering digunakan oleh para pelaku usaha ialah pemasaran melalui jejaring sosial yaitu di instagram. Pada praktiknya, penggunaan selebriti di instagram (selebgram) seringkali digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam mencapai tujuan pemasaran di instagram. Kegiatan pemasaran dalam jejaring sosial pada selebgram disebut endorsement. Dengan adanya selebgram endorsement mampu menarik lebih banyak lagi minat beli konsumen pada produk skincare lokal dengan strategi promosi yang dilakukannya di akun instagramnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan selebgram endorsement dalam menarik minat beli konsumen pada produk skincare lokal di instagram. Fokus dari penelitian ini adalah mengamati isi postingan endorsement produk skincare lokal pada akun instagram @tasyafarasya, dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan segala bentuk yang terlihat dari hasil pengamatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam secara virtual (online) kepada 8 pengikut wanita dari instagram @tasyafarasya, dan dokumentasi didapat dari hasil temuan pengamatan berupa screenshoot foto–foto isi instagram @tasyafarasya dan isi percakapan bersama narasumber melalui fitur direct message di instagram. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa kegiatan pemasaran melalui jejaring sosial instagram dan penggunaan selebgram endorsement dalam menarik minat beli konsumen pada produk skincare lokal dapat dilihat melalui model AIDA dan dari beberapa indikator yang dimiliki selebgram endorsement di instagram.
Copyrights © 2024