Media pada era globalisasi dan kemajuan teknologi sekarang ini memiliki peranan penting dalam kesuksesan dan keberhasilan suatu tujuan politik yang ditetapkan. Sebagaisaluran penyampai pesan, media khususnya media online menjadi salah satu alat yang paling ampuh untuk mempengaruhi, meyakinkan bahkan membentuk suatu opini di publik terkait isi-isiberita yang disajikan secara teks dangambar. Kondisi pertarungan pilpres 2024 hari iniantara telah membelah kekuatan korporasi/ perusahaan media. Pertarungan politik mediayang paling mencolok adalah pertarungan antara Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dengan menggunakan pendekatan Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosichi, identifikasitentang penggunaan media online untuk kepentingan politik demi mencapai kekuasaan diklasifikasikan dengan melakukan analisis bingkai sebuah peristiwa yang diberitakan yakni berita soal Capres 2024 di kedua korporasi media online tersebut melalui pembahasan berita Calon Presiden pada tanggal 21-26 April2023 oleh Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dari analisis peneliti ditemukan bahwa Detik.com cenderung lebih banyak membahas Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 dibanding CNNIndonesia.com.
Copyrights © 2024