Pandemi Covid-19 merupakan masalah yang serius untuk dihadapi dan diselesaikan bersama. Pandemi tersebut berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya pelayanan publik. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk tetap memberikan pelayanan yang efektif bagi masyarakat meskipun di tengah pandemi Covid-19. Adapun pelayanan yang efektif tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan layanan berbasis elektronik dan memanfaatkan media sosial. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Samsat Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi  penelitian bertempat di Samsat Luwu Utara, Kabupaten Luwu Utara. Fokus penelitian adalah Efektifitas Pelayanan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Samsat Luwu Utara. Dalam penelitian ini penentuan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi (observation), wawancara mendalam (In depth interview), dan dokumentasi. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yakni dengan mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi atau menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada pelayanan di kantor Samsat Luwu Utara sudah berjalan sebagaimana mestinya hal tersebut dapat dilihat dari sosialisasi ini mulai berjalan pada saat pemerintah mengeluarkan himbauan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Sosialisasi penerapan protokol kesehatan pada pelayanan di kantor Samsat Luwu Utara berjalan efektif, samsat Luwu Utara melakukan beberapa langkah yang efektif diantaranya memaksimalkan pelayanan dimasa pandemi, penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan baik oleh pegawai maupun masyarakat taat pajak sebab bukan menjadi penghalang untuk memaksimalkan proses pelayanan di samsat Luwu Utara, langkah-langkah yang dilakukan oleh Samsat Luwu Utara untuk memaksimalkan pelayanan dimasa pandemi juga perlu ditingkatkan lagi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022