JUSTICE: Journal of Social and Political Science
Vol 4 No 1 (2025): Vol 4 No 1 (2025): JUSTICE - Journal of Social and Political Science

Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik, Disiplin Kerja dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Balai Desa Botomulyo Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal

Ferawati, Dyda (Unknown)
Nugroho, Mahfud (Unknown)
Nurhidayah, Siti Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik, disiplin kerja dan fasilitas terhadap kepuasan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5321 jiwa. Metode pengumpulan sampel menggunakan Teori Slovin dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Total sampel penelitian adalah 98 responden. Variabel dependen atau terikat pada penelitian ini adalah kepuasan masyarakat. Variabel independen atau bebas pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik, disiplin kerja dan fasilitas. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapun teknik mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Disiplin kerja tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journals

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Social and Political Science atau Justice merupakan jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Selamat Sri yang terbit setahun dua kali pada bulan Januari dan Juli. Isi dari jurnal ini merupakan tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran konseptual di bidang ilmu ...