Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol. 22 No. 2 (2025): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara

Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Benteng

Nur Ikhzan, Muhammad (Unknown)
Sellang, Kamaruddin (Unknown)
Hardianti, Hardianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui analisis kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Benteng, untuk mengetahui pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Benteng, dan untuk mengetahui faktor–faktor yang memengaruhi pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Benteng. Populasi 40 orang dan sampel sebanyak 40. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penulisan ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian ini menandakan bahwa kepuasan masyarakat dengan nilai yaitu 70,71% termasuk dalam kategori baik. Pelayanan administrasi kependudukan yaitu 67,4% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Benteng terdiri dari faktor kesadaran 70%, faktor aturan 68,5%, faktor organisasi 66,5%, faktor pendapatan 71%, faktor kemampuan keterampilan 62%, dan faktor sarana pelayanan 68,5%, dengan capaian 67,75% termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jian

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Negara memuat artikel/hasil penelitian yang berkenaan dengan kajian bidang Ilmu Administrasi Negara. Kebijakan Manajemen Publik, Kepemimpinan, Pemberdayaan Masyarakat Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik. pelayanan publik. kajian administrasi ...