Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I UPTD SD Negeri 125543 Jl. Farel Pasaribu

Octavianti, Astri (Unknown)
Sitio, Hetdy (Unknown)
Purba, Nancy Angelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadapa hasil belajar matematika siswa kelas I UPTD SD Negeri 125543 Jl. Farel Pasaribu, pada materi “Operasi Hitung”. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika, di mana hanya 21% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode jarimatika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata pretest 37,27 meningkat menjadi 82,27 pada posttest. Dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,72 yang dimana termasuk dalam kategori tinggi, yang menunjukkan bahwa penerapan metod jarimatika mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa secara signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah metode jarimatika berpengaruh positif terhadap hasil belajar matemtika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...