Emisi metana dan amonia dari peternakan unggas perlu dikendalikan melalui pengelolaan pakan organik berbasis fitobiotik dan sistem pemantauan kondisi kandang melalui Smart detector berbasis IoT. Model bisnis pakan organik dan smart detector perlu dianalisis untuk menyusun strategi bisnis secara sistematis. Penelitian ini dilakukan untuk merancang model bisnis Maggenzim serta menganalisis faktor-faktor penting guna merancang strategi bisnis secara sistematis dan objektif sehingga mampu menghadapi perkembangan pasar yang kompetitif. Metode penelitian ini dilakukan melalui pendekatan analisis Business Model Canvas (BMC) serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis BMC usaha Maggenzim memiliki value proposition yang lebih unggul karena berkonsep pada berkelanjutan lingkungan dan industri peternakan yang sekaligus menjadi komponen strength pada analisis SWOT. Adapun kelemahan dari model bisnis ini terdapat pada segmen key partners dari analisis BMC yaitu ketergantungan terhadap penyedia bahan baku karena mitra penyedia bahan baku yang terbatas, serta berdasarkan segmen threats bisnis ini memiliki kekurangan dalam hal brand awareness di mata target konsumen karena produsen pakan konvensional lebih dahulu dikenal oleh konsumen. Solusi yang bisa diterapkan berdasarkan analisis dengan pendekatan dua metode ini adalah dengan memrioritaskan strategi pemasaran yang fokus pada edukasi pasar mengenai manfaat jangka panjang dari penggunaan pakan berbasis fitobiotik dan teknologi pemantauan kandang. Penguatan jaringan kemitraan untuk menjamin ketersediaan bahan baku dan pengembangan kapasitas produksi secara bertahap seiring dengan peningkatan permintaan pasar juga menjadi langkah strategis yang penting untuk keberlanjutan usaha.
Copyrights © 2025