As-Salam: Journal Islamic Social Sciences And Humanities
Vol 3 No 3 (2025): As-Salam: Journal Islamic Social Sciences and Humanities

Strategi Flipped Classroom dalam Pembelajaran PKn: Studi pada Materi Hak dan Kewajiban Warga Negara

Rilva Suheti (Unknown)
Johansyah (Unknown)
Saifuddin (Unknown)
Tamarli (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi kelas terbalik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), khususnya pada topik hak dan kewajiban warga negara. Model kelas terbalik menekankan pembalikan proses pembelajaran tradisional, di mana siswa mempelajari materi secara mandiri di luar kelas melalui video, modul, dan sumber daya digital, dan kemudian terlibat dalam pemahaman yang lebih dalam dan diskusi kritis di kelas. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dari observasi kelas, wawancara guru, dan tanggapan siswa, serta data sekunder dari literatur yang relevan tentang kelas terbalik dan pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kelas terbalik meningkatkan keterlibatan siswa, memperdalam pemahaman konseptual tentang hak dan kewajiban, dan menumbuhkan pemikiran kritis dan kolaborasi. Diskusi tersebut menyoroti bahwa model ini menciptakan suasana belajar yang lebih partisipatif, selaras dengan keterampilan abad ke-21, dan mendukung transformasi pendidikan menuju pembelajaran mandiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

assalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

As-Salam: Journal Islamic Social Sciences And Humanities with registered number E-ISSN: 3062-827x (Online) is As-Salam: Journal Islamic Social Sciences and Humanities is a peer-reviewed journal that intends to openly publish articles with research results in the field of social sciences and society ...