Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

IMPLEMENTASI PEMBINAAN KEMANDIRIAN COCO SHADE GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I BANDAR LAMPUNG

Muhammad Apri Hidayat (Unknown)
Markus Marselinus Soge, S.H., M.H (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi pembinaan kemandirian melalui program coco shade di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung sebagai upaya meningkatkan keterampilan kerja narapidana. Latar belakang penelitian berangkat dari pentingnya pembinaan pemasyarakatan tidak hanya sebatas pembinaan kepribadian, tetapi juga kemandirian agar narapidana siap kembali ke masyarakat. Program coco shade dipilih karena memanfaatkan sabut kelapa yang memiliki nilai ekonomis tinggi serta prospek pasar yang luas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan petugas dan narapidana peserta, observasi lapangan, serta studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan coco shade berjalan melalui kerja sama antara lapas dan pihak ketiga, yakni PT. Agri Lestari Nusantara, yang menyediakan bahan baku, pelatihan, serta instruksi teknis. Program ini mampu meningkatkan keterampilan dasar, teknis, interpersonal, serta problem solving narapidana. Namun, masih terdapat kendala berupa rendahnya motivasi narapidana, terbatasnya pengawasan petugas, dan kurangnya variasi pelatihan lanjutan. Secara keseluruhan, pembinaan coco shade berperan signifikan dalam memberikan bekal kemandirian dan kesiapan reintegrasi sosial bagi narapidana setelah bebas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...