Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMAN 2 RAMBATAN

Aura Yesisco Putri (Unknown)
Afdhal (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 2 Rambatan pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar, baik dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik, yang mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dan guru mata pelajaran geografi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber untuk memastikan validitas informasi yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Geografi di SMAN 2 Rambatan disebabkan oleh kombinasi faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi rendahnya minat serta rasa ingin tahu terhadap Geografi dan kurangnya tujuan belajar jangka panjang siswa, sementara faktor ekstrinsik lebih dominan, seperti metode pengajaran yang monoton, suasana kelas yang tidak kondusif, minimalnya penghargaan, serta pengaruh teman sebaya. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa meskipun faktor dalam diri siswa ikut serta, rendahnya motivasi belajar geografi lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal yang kurang mendukung. Oleh karena itu, peningkatan motivasi belajar memerlukan sinergi antara perbaikan faktor eksternal melalui inovasi strategi pembelajaran interaktif dan penguatan faktor internal melalui pelatihan minat serta tujuan belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...