Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

ANALISIS PENGARUH METODE PENILAIAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MIPA SISWA

Noor, Muhammad (Unknown)
Hendro Prasetyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Memahami konsep dalam pembelajaran MIPA merupakan landasan penting dalam membentuk pemikiran ilmiah dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Namun, kesulitan memahami konsep dasar masih menjadi tantangan besar di tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode penilaian berbasis proyek terhadap pemahaman konsep MIPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 30 Bekasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen, melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimental dan kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan kuesioner respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode penilaian berbasis proyek dan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional (p < 0,05). Siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika dan ilmu pengetahuan alam sebesar 27% lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Sebagian besar siswa juga merespons positif metode ini karena memberikan pengalaman belajar kontekstual dan kolaboratif. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa penilaian berbasis proyek efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dan motivasi belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...