Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 5 No. 1: November 2025

Brand Image Dan Digital Marketing: Kunci Minat Beli Thriftshop Lewat Kepercayaan Konsumen

Purnomo, Nanto (Unknown)
Lutfianwari, Faris Zuhroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana brand image dan digital marketing memengaruhi minat beli konsumen pada bisnis thriftshop, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Fokus studi ini diarahkan pada Kepointhrift, salah satu pelaku bisnis thrifting yang aktif melalui fitur Shopee Live dan cukup dikenal di kalangan konsumen Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui metode survei, dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS. Sampel dalam penelitian ini diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Hasil temuan menunjukkan bahwa baik brand image maupun digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu, kepercayaan konsumen terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara kedua variabel tersebut terhadap keputusan pembelian. Hal ini menandakan bahwa penguatan citra merek dan penerapan strategi digital yang tepat, jika diiringi dengan peningkatan kepercayaan konsumen, dapat mendorong intensi pembelian secara lebih efektif. Secara praktis, temuan ini menyarankan agar pelaku usaha thriftshop daring, terutama di platform Shopee Live yang berfokus pada pengelolaan citra merek yang kuat, strategi digital yang optimal, dan pembangunan kepercayaan pelanggan untuk meningkatkan konversi pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...