Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA)
Vol. 13 No. 2 (2025): JURNAL RISET MAHASISWA AKUNTANSI VOLUME 13 NOMOR 2 TAHUN 2025

Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater dan Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa : Analisis Perspektif Ekonomi Islam Dengan Penerapan Akad Ijarah

Anggraini, Leli (Unknown)
Yogivaria, Doni Wirshandono (Unknown)
Indiraswari, Susmita Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian berikut ialah guna mendapatkan informasi bagaimana perilaku konsumen mahasiswa diberikan pengaruh oleh pemakaian Shopee Paylater dan literasi keuangan, dan pengaruh perspektif ekonomi Islam dan metode akad ijarah selaku faktor moderasi. Pengambilan sampel dengan cara purposive dipakai bersamaan dengan pendekatan kuantitatif pada penelitian berikut guna menghasilkan sampel penelitian sebanyak 96 responden. SmartPLS 4.0 dipakai guna menganalisis data dengan memakai inner model, model pengukuran, outer model, dan pengujian hipotesis, yang meliputi analisis moderasi (MRA). Temuan penelitian memperlihatkan bahwasannya meskipun literasi keuangan mempunyai dampak negatif yang bisa diabaikan kepada perilaku pembelian mahasiswa, pemanfaatan Shopee PayLater mempunyai dampak yang positif dan besar. Dampak Shopee PayLater kepada perilaku konsumen diperkuat oleh perspektif ekonomi Islam (akad ijarah), tetapi pengaruh literasi keuangan melemah. Penelitian berikut memperlihatkan betapa pentingnya memasukkan nilai-nilai syariah ke pada manajemen perilaku konsumen di era layanan keuangan digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrma

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA) published 2 (two) times a year (April, October), contains the publication of the student final assignment research, research students and lecturers in the field of Accounting. JRMA is published by the Faculty of Economics and Bussiness, Kanjuruhan University ...