Mesin diesel merupakan mesin pembakaran dalam yang digunakan sebagai penggerak utama pada excavator untuk pekerjaan penggalian tanah. Mesin yang dipakai adalah motor bakar empat langkah, yaitu satu kali langkah usaha terjadi setiap dua putaran poros engkol (piston naik turun dua kali). Tujuan penelitian ini membahas mekanisme kerja dan pemeriksaan komponen-komponen mesin diesel setelah beroperasi dalam jangka waktu tertentu untuk mencegah kerusakan fatal yang mempengaruhi kinerja mekanisnya. Komponen yang diperiksa meliputi silinder liner, perbandingan kompresi, poros cam. Perbandingan kompresi adalah 18:1, yaitu volume langkah ditambah volume ruang bakar dibagi volume ruang bakar. Hasil analisis menunjukkan piston setelah pemakaian menyusut dibandingkan sebelum pemakaian sehingga wajib diganti seluruhnya. Silinder liner mengalami pelebaran lubang sehingga juga harus diganti. Perbandingan kompresi pada silinder 3, 4, 5, dan 6 melebihi standar 18 sehingga piston perlu diganti. Ring piston pada semua silinder mengalami keausan dan wajib diganti. Poros cam setelah pemakaian juga mengalami keausan sehingga perlu diganti. Penelitian ini menekankan pentingnya pemeriksaan berkala dan penggantian komponen utama mesin diesel excavator guna menjaga performa dan keandalan mesin secara keseluruhan.
Copyrights © 2025