Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

BAGAIMANA MENDESAIN KELAS INKLUSI DI SEKOLAH DASAR

Karmelia, Bella (Unknown)
Jesi Alexander Alim (Unknown)
Zetra Hainul Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

translator Desain kelas inklusi di sekolah dasar memiliki peran penting dalam memastikan seluruh peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat belajar dengan nyaman dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain kelas inklusi di SD Al-Fityah Pekanbaru serta menganalisis sejauh mana desain tersebut dapat memenuhi kebutuhan semua peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Al-Fityah menerapkan sistem lekar (duduk di karpet) di kelas rendah, serta desain kelas fleksibel yang memungkinkan penyesuaian posisi papan tulis dalam merancang penataan kelas. Desain kelas yang dirancang untuk peserta didik berkebutuhan yang hanya berhubungan dengan mental dan daya berfikir. Afrikaans Albanian - shqipe Arabic - ‎‫العربية‬‎ Armenian - Հայերէն Azerbaijani - azərbaycanca Basque - euskara Belarusian - беларуская Bengali - বাংলা Bulgarian - български Catalan - català Chinese - 中文(简体中文) Chinese - 中文 (繁體中文) Croatian - hrvatski Czech - čeština Danish - dansk Dutch - Nederlands English Esperanto - esperanto Estonian - eesti Filipino Finnish - suomi French - français Galician - galego Georgian - ქართული German - Deutsch Greek - Ελληνικά Gujarati - ગુજરાતી Haitian Creole - kreyòl ayisyen Hebrew - ‎‫עברית‬‎ Hindi - हिन्दी Hungarian - magyar Icelandic - íslenska Indonesian - Bahasa Indonesia Irish - Gaeilge Italian - italiano Japanese - 日本語 Kannada - ಕನ್ನಡ Korean - 한국어 Latin - Lingua Latina Latvian - latviešu Lithuanian - lietuvių Macedonian - македонски Malay - Bahasa Melayu Maltese - Malti Norwegian - norsk Persian - ‎‫فارسی‬‎ Polish - polski Portuguese - português Romanian - română Russian - русский Serbian - Српски Slovak - slovenčina Slovenian - slovenščina Spanish - español Swahili - Kiswahili Swedish - svenska Tamil - தமிழ் Telugu - తెలుగు Thai - ไทย Turkish - Türkçe Ukrainian - українська Urdu - ‎‫اردو‬‎ Vietnamese - Tiếng Việt Welsh - Cymraeg Yiddish - יידיש Double-click Select to translate

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...