Pembelajaran teknik otomotif menuntut pendekatan yang aplikatif agar siswa mampu mengintegrasikan teori dan praktik. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media trainer dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Padang pada materi sistem starter. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain satu kelompok pre-test–post-test melibatkan 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 57,32 menjadi 82,5, dengan uji-t sampel berpasangan menghasilkan p < 0,05. Analisis effect size memperoleh nilai 3,36 yang termasuk kategori sangat besar. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi model PBL dengan media trainer berkontribusi signifikan terhadap penguatan pemahaman konseptual, keterampilan praktik, dan kesiapan siswa menghadapi tuntutan dunia industri. Automotive vocational education requires an applied learning approach to integrate theory and practice effectively. This study aimed to evaluate the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) model supported by trainer media in improving the learning achievement of Grade XI TKR students at SMK Negeri 1 Padang on the starter system topic. A pre-experimental one-group pre-test–post-test design was employed, involving 28 students. The findings revealed a significant improvement in students’ average scores from 57.32 to 82.5, with a paired sample t-test result of p < 0.05. The effect size of 3.36 indicated a very large effect. These results confirm that integrating PBL with trainer media substantially enhances conceptual understanding, practical skills, and students’ readiness to meet industry demands.
Copyrights © 2025