Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 3 No. 1 (2025): Oktober

PERANAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS STRATEGI BISNIS

Niken Dayu Prasasti (Unknown)
Nirwana, Sheli (Unknown)
Abella, Putri (Unknown)
Kurniawati, Anisa (Unknown)
Sumarlan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sistem pengendalian manajemen (SPM) dalam mendukung efektivitas strategi bisnis serta mengidentifikasi tren, pola, dan kesenjangan penelitian sebelumnya terkait implementasi SPM dalam konteks strategis organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah berbagai artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 2020 hingga 2024 dari basis data akademik seperti Scopus dan Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPM memiliki peran strategis dalam menjembatani kesenjangan antara perencanaan strategi dan implementasi operasional. SPM tidak hanya berfungsi sebagai alat kontrol, tetapi juga sebagai sistem terintegrasi yang membantu organisasi menerjemahkan visi dan misi ke dalam tindakan nyata melalui mekanisme perencanaan anggaran, pengukuran kinerja, evaluasi, dan umpan balik yang berkelanjutan. Selain itu, dukungan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia terbukti memperkuat efektivitas sistem pengendalian dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta daya saing organisasi. Simpulan, menunjukkan bahwa keberhasilan strategi bisnis tidak hanya ditentukan oleh kualitas perencanaan strategis, tetapi juga oleh efektivitas sistem pengendalian manajemen yang mampu memastikan seluruh proses organisasi berjalan secara terukur, adaptif, dan selaras dengan tujuan jangka panjang perusahaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...