Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Vol. 13 No. 3S1 (2025)

USER-CENTERED DESIGN UNTUK PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSA

Wahyu, Rama (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2025

Abstract

Sistem Informasi Pengelolaan Capaian Pembelajaran Lulusan (SIP-CPL) dirancang sebagai sebuah solusi yang dapat membantu dosen, pemantau, serta admin program studi dalam melakukan pengelolaan dan evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) secara lebih terstruktur dan efisien. Penelitian ini berfokus pada proses perancangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) berbasis web dengan pendekatan User-Centered Design (UCD) yang menekankan pada kebutuhan nyata pengguna. Perancangan dilakukan dengan memanfaatkan Figma sebagai alat prototyping, mencakup empat peran utama pengguna, serta menghasilkan total 114 halaman antarmuka. Untuk menjamin kualitas rancangan, dilakukan evaluasi melalui Heuristic Evaluation yang berhasil mengidentifikasi dua masalah minor terkait konsistensi, dan permasalahan tersebut telah diperbaiki pada tahap berikutnya. Selain itu, pengujian lebih lanjut dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap 13 responden menunjukkan hasil yang sangat baik, di mana seluruh aspek memperoleh kategori excellent. Skor tertinggi terdapat pada aspek kejelasan dan ketepatan, sementara aspek kebaruan memperoleh skor terendah namun tetap berada pada kategori positif. Temuan ini menegaskan bahwa prototipe SIP-CPL memiliki tingkat kegunaan yang tinggi, ramah pengguna, serta dapat dijadikan landasan kuat dalam tahap implementasi sistem di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk ...