Perkembangan teknologi pada sektor perbankan digital menuntut hadirnya aplikasi mobile yang tidak hanya berfungsi secara optimal, tetapi juga memiliki antarmuka pengguna (User Interface) yang intuitif serta mudah digunakan. Aplikasi BPD Bali Mobile masih memperoleh sejumlah keluhan dari pengguna terkait tampilan yang kurang fleksibel, navigasi yang sulit dipahami, dan keterbatasan fitur bantuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengevaluasi desain antarmuka BPD Bali Mobile menggunakan metode Heuristic Evaluation sekaligus menyusun rekomendasi perbaikan. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif melalui kajian literatur serta evaluasi oleh dua evaluator ahli dengan mengacu pada sepuluh prinsip Heuristic Jacob Nielsen. Hasil evaluasi menunjukkan adanya pelanggaran pada beberapa aspek, terutama visibility of system status, consistency and standards, serta help and documentation. Berdasarkan temuan tersebut, dilakukan perancangan prototype hasil redesain dengan peningkatan pada navigasi, konsistensi ikon, penyederhanaan tampilan, serta penambahan fitur bantuan. Uji coba ulang membuktikan bahwa hasil redesain dapat meningkatkan pemahaman pengguna, konsistensi antarmuka, dan kemudahan navigasi.
Copyrights © 2025