Improving student’s literacy, learning motivation, and collaboration can be achieved through innovative and competitive learning activities. This community service activity focused on enhancing literacy in Mathematics, Science, and English through the implementation of an Integrated Quiz Competition at SMPK Adisucipto Kupang. The program was part of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Off-Campus initiative of the Catholic University of Widya Mandira Kupang, designed to create active, collaborative, and meaningful learning experiences. Based on the questionnaire results, 97% of participants stated that the activity increased their learning enthusiasm, 95% agreed it fostered teamwork and sportsmanship, and 96% hoped similar activities would be conducted again. In addition, 93% of students rated the provided facilities as supportive, while 91% gave positive assessments of the organizing committee’s performance. Although there were slight variations in perceptions of question difficulty, most students still evaluated the competition very positively. These findings indicate that the Integrated Quiz Competition served as an enjoyable and effective learning medium to enhance learning motivation, critical thinking, and social collaboration. ABSTRAKPeningkatan literasi, motivasi belajar, dan kolaborasi siswa dapat diwujudkan melalui kegiatan pembelajaran yang inovatif dan kompetitif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada peningkatan literasi Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris melalui pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat Terpadu di SMPK Adisucipto Kupang. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Luar Kelas Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yang dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan bermakna. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa, diperoleh data bahwa 97% peserta menyatakan kegiatan ini mampu meningkatkan semangat belajar, 95% menilai lomba melatih kerja sama dan sportivitas, serta 96% berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali. Selain itu, 93% siswa menilai fasilitas yang disediakan mendukung jalannya kegiatan, dan 91% memberikan penilaian positif terhadap kinerja panitia. Meskipun terdapat sedikit variasi dalam penilaian kesesuaian tingkat kesulitan soal, sebagian besar siswa tetap menilai kegiatan berlangsung sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa Lomba Cerdas Cermat Terpadu mampu menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kolaborasi sosial siswa. Guru-guru juga menilai kegiatan ini relevan dengan program sekolah dalam penguatan literasi dan numerasi.
Copyrights © 2025